Gelora Nurani – Arif Novianto

Mencoba mengukir lengkokan tinta-tinta perlawanan untuk menyampaikan segala ketidak-adilan dan memperjuangkan kebenaran

Dimana peran Negara Selama ini?

Ibarat Negara adalah induk ayam, dan rakyat adalah anak-anak dari ayam tersebut, dapat diumpamakan bahwa “Induk ayam tersebut telah membiarkan anak-anaknya yang sedang mencari makan diserang dan diusir oleh ayam-ayam lain”. Perumpamaan itulah yang terjadi di Mesuji dan Bima akhir-akhir ini. Dimana Negara yang seharusnya mampu untuk melindungi segenap rakyatnya seakan bungkam dan membiarkan ketika rakyatnya menjadi korban penjarahan hak-hak asasi.

            Kasus di Mesuji dan bima sama-sama memperlihatkan bahwa warga masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasinya karena mereka merasa ada sebuah ketidak adilan disana, yang dirasa merugikan mereka tetapi aspirasinya tersebut ditanggapi dengan beringas oleh oknum keamanan dan kepolisian, sehingga terjadi kericuhan dan menimbulkan beberapa korban.

Akar permasalahan

Akar dari permasalahan yang selama ini melanda di Negeri ini, baik itu sengketa lahan atau agraria serta konflik pertambangan antara rakyat dengan para Pemilik modal yang juga melibatkan kesatuan kepolisian serta pemerintah yang salah satunya terjadi di Mesuji dan Bima, adalah telah hancurnya kedaulatan bangsa ini digerogoti oleh kepentingan-kepentingan asing serta Penghianatan yang dilakukan oleh Negara ini terhadap Indonesia, baik Tanah Air serta Rakyat Indonesia.

Diawali dengan amandemen yang telah dilakukan terhadap UUD 45 sebagai dasar dari Negara kita. Yang dimana apabila kita cermati dan pahami lebih detail, bahwa amandemen yang dilakukan terhadap UUD 45 yang ke-empat kalinya tersebut, selalu menguntungkan kepentingan para Pemilik Modal. Bagaimana kita lihat Undang-undang Migas, air, pertambangan dan lain sebagainya kesemuanya itu seolah-olah terjadi keberpihakan pemerintah negara ini kepada kepentingan Asing, yang dalam hal ini para pemilik Modal sedangkan kepentingan rakyat disingkirkan atau tidak dianggap.  Sehingga yang terjadi Negara ini memberikan keleluasaan kepada para pemilik modal serta investor untuk membentuk atau menanamkan usahanya di wilayah negeri ini, dan membebaskannya memilih tempat mana yang mereka inginkan. Sehingga buah dari hal tersebut adalah terjadinya konflik antara para pemilik modal dengan masyarakat.

Para pemilik modal yang berupaya menanamkan usahanya di wilayah negeri ini yang dianggapnya begitu berpotensi menumbuhkan usahanya tersebut, disatu sisi di tentang oleh warga masyarakat yang menganggap bahwa hal tersebut dapat merusak lingkungan dan akan mematikan kehidupan disekitarnya seperti kasus di Bima dan masyarakat menganggap bahwa lahan yang akan dijadikan tempat usahanya tersebut merupakan hak miliknya, seperti di Mesuji. Sehingga dengan demikian terjadilah konflik yang tidak dapat dihindarkan lagi.

Solusi

Solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di Mesuji dan Bima ini, dan juga agar peristiwa seperti tersebut tidak terulang, yang pertama adalah Penegakan supremasi hukum dan keadilan, sehingga dengan demikian akan membuat jera para pelaku tindakan tersebut. Kemudian reformasi Agraria dan reformasi lembaga Kepolisian. Karena di seluruh penjuru negeri ini masih banyak peluang-peluang terciptanya konflik baru, karena masih banyaknya masalah Agraria yang telah ditinggalkan rezim Orba kepada pemerintah sekarang. Serta melihat atau meninjau ulang dasar UUD kita, sudah tepatkah amandemen yang selama ini dilakukan kalau memang tidak tepat, amandemen kembali UUD tersebut atau kembalikan kemurnian UUD45 tersebut.

Advertisements

One response to “Dimana peran Negara Selama ini?

  1. Agung January 3, 2012 at 7:02 pm

    Memang pemimpin negara ini lembek, tidak memiliki keberanian serta mata duitan dan gila kekuasaan…
    Coba seperti Soekarno yang manantang Barat dengan perkataan beliau “Go to Hell With Your Aids”, mana berani pemimpin sekarang…. hancur negara ini jika pemimpinnnya Bencong semua…
    trimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: