Gelora Nurani – Arif Novianto

Mencoba mengukir lengkokan tinta-tinta perlawanan untuk menyampaikan segala ketidak-adilan dan memperjuangkan kebenaran

Buku Saya

BUKU ADALAH PINTU GERBANG PENGETAHUAN

MENULISLAH, sebelum ilmumu terbang menghilang tertiup angin, sebelum percik gagasanmu tenggelam tersapu ombak samudra dan sebelum dirimu tertelan termakan oleh tanah

Tulisan-tulisan saya yang telah berhasil dibukukan ini, merupakan percik pemikiran yang berisi kritik dan solusi terhadap problematika sosial, ekonomi dan politik di Indonesia serta di Dunia ini. Manuskrip ini semoga dapat menjadi oase-oase ditengah padang-padang ketidakadilan, ketimpangan, penindasan, eksploitasi dan penghisapan. Semoga Bermanfaat !!!

  • MOZAIK KEBIJAKAN PUBLIK DI INDONESIA

Mozaik Kebijakan Publik

Enam belas tahun pascareformasi 1998, proses reformasi birokrasi dan reformasi pelayanan publik ternyata masih berjalan lebih lambat dibanding reformasi di sektor politik dan ekonomi. Indikasinya, kualitas kebijakan publik masih buruk. Banyak ditemukan produk-produk kebijakan yang tidak memenuhi ekspektasi publik atau bahkan bertentangan dengan UUD 1945 sehingga harus dianulir di Mahkamah Konstitusi.

Kondisi tersebut berimplikasi terhadap format relasi antara rakyat dan negara. Rakyat tentu mendambakan negara hadir dalam kehidupan mereka dengan porsi yang tepat dan proporsional. Namun selama ini negara justru banyak menampakan diri dalam situasi ketika justru rakyat tidak menghendaki campur tangan berlebihan dari negara. Sebaliknya dalam berbagai kasus ketika rakyat sangat membutuhkan kehadiran negara, justru disitulah negara absen. Dislokasi atau disfungsi negara tersebut tercermin dari berbagai kebijakan yang selama ini dihasilkan oleh pemerintah.

Buku ini berusaha memotret dinamika pelayanan publik dalam isu sosial, ekonomi, politik, kebudayaan sepanjang tahun 2014. Berbagai peristiwa politik baik lokal maupun nasional, fenomena kebudayaan kontenporer, konflik sosial serta sederet kasus lainnya yang sangat terkait dalam fungsi maupun disfungsi negara dalam melayani kebutuhan publik. Buku ini dengan sengaja menampilkan beragam isu dengan cakupan perspektif heterogen dengan maksud menghadirkan spektrum analisis yang luas dan komprehensif. Tujuannya agar mahkamah pembaca dapat memperoleh ilustrasi mengenai kinerja pemerintah di periode tersebut dalam melaksanakan kewajibannya.

(Prakata dari Penerbit)

  • PENDIDIKAN KARAKTER: WACANA DAN KEPENGATURAN

Pendidikan karakter indonesia, praktik proses pelaksanaan budaya positifisme kapitalisme

Buku yang berisi kumpulan esai ini, mengupas seputar pendidikan karakter yang ditinjau dari berbagai macam sisi. Kita bisa membaca berbagai sudut pendang penulis yang dapat diangkat untuk mengarahkan karakter pada akhlak mulia, yakni dari sisi agama, budaya, sosial, politik dan sebagainya. Pada ruang itu, nilai-nilai manusia diarahkan untuk menjalani kehidupan dengan penjelasan yang lebih baik.

Buku ini dapat menjadi referensi yang tepat bagi anda untuk melihat, mendalami dan mencermati ranah apa saja yang dapat diajarkan untuk mengarahkan karakter seseorang menjadi mulia. Melalui pengantar ini kami mengucapkan selamat membaca wacana-wacana mengenai pendidikan karakter yang dapat memicu kreatifitas, moral dan budi pekerti luhur.

(Prakata dari Penerbit)

  • GEBRAKAN MAHASISWA MENGGUGAT DISKRIMINASI BURUH

Buku Gebrakan Mahasiswa Menggugat Diskriminasi Buruh

Persoalan mengenai buruh seolah-olah menjadi isu klasik sekaligus kontemporer yang tak pernah ada habisnya. Isu mengenai kesejahtraan buruh, jaminan sosial, kontrak kerja, dan persoalan lainnya tetap dapat menarik atensi publik. Ditengah-tengah perhatian serius dari publik, pemerintah bahkan kelompok kritis lainnya yang berusaha mencari solusi substansial dari sengkarut soal buruh ini. Namun realitasnya penindasan dan penghisapan terhadap daya juang buruh masih terus terjadi sampai detik ini.

Peran mahasiswa, sebagai agent of change juga memiliki porsi dan kapabilitas yang besar dalam mereproduksi ide-gagasan yang inovatif-konsisten dalam mengawal setiap perubahan. Hal ini akan dapat mengiringi solusi alternatif bagi persoalan buruh. Salah satu langkah subtansial yang patut diapresiasi adalah menuangkan dalam bentuk tulisan yang memiliki daya kritis, inovatif dan dengan analisis ilmiah yang berkualitas.

Gagasan tersebut berhasil terangkum dalam bentuk buku kumpulan esai yang komprehensif dengan tajuk “Pemuda dan Gagasan Solutif Mewujudkan Kesejahtraan Buruh” yang merupakan 20 karya terbaik mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi se-indonesia. Diharapkan antologi esai ini akan mampu memberikan kontribusi nyata pada kedaulatan buruh dalam kontestasi sosial politik Indonesia.

(Prakata dari Penerbit)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: